Implementasi Montessori Dalam Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik Usia Dini
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi metode Montessori dalam meningkatkan kemandirian peserta didik usia dini. Kemandirian merupakan aspek penting yang perlu ditanamkan sejak dini agar anak mampu bertanggung jawab, percaya diri, dan tidak bergantung pada orang lain. Metode Montessori menjadi alternatif pendekatan pendidikan yang memberikan kebebasan belajar secara individu serta mendukung perkembangan kognitif dan sosial anak melalui eksplorasi dan penggunaan alat peraga khusus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library reearch), di mana data dikumpulkan dari berbagai penelitian terdahulu yang relevan. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan metode Montessori mampu membentuk karakter kemandirian anak melalui aktivitas praktis sehari-hari seperti makan, berpakaian, dan merawat diri sendiri. Metode Montessori efektif dalam meningkatkan enam indikator utama kemandirian anak usia dini, yaitu: kemampuan fisik, tanggung jawab, kepercayaan diri, kedisiplinan, kemampuan berbagi, dan pengendalian emosi. Kebebasan dalam memilih kegiatan, penggunaan alat bantu konkret, serta lingkungan belajar yang mendukung, membuat anak terlibat secara aktif dan membangun karakter mandiri. Metode ini memberikan ruang bagi anak untuk berkembang sesuai tahapannya dan menumbuhkan rasa tanggung jawab serta inisiatif sejak usia dini. Oleh karena itu, metode Montessori efektif diterapkan baik oleh guru di sekolah maupun oleh orang tua di rumah dalam membentuk kemandirian anak usia dini, serta diperlukan kerjasama antara guru dan orang tua agar penerapan metode ini berjalan optimal dan berkesinambungan.
Rincian Artikel
Referensi
Azhari, S., Fadlilah, A. N., Astini, N. S., Rudiah, S., Islam, P., Usia, A., & Dini, A. U. (2024). Analisis peningkatan kemandirian anak melalui metode pembelajaran montessori. 4, 166–198.
br Sitepu, S. P., & Putra, S. (2025). Efforts To Improve Arabic Languege Learning Outcomes Using Audio Visual Based Touchable Grammatical Method. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 7(1), 235-255.
Dina, R. (2024). Dampak Self-Disclosure Di Media Sosial Terhadap Pembentukan Self-Concept Siswa Kelas XI Sma Swasta Bintang Langkat. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling, 13(1).
Dini, U., & Wahida, S. N. U. R. (n.d.). Faktor - faktor yang mempengaruhi kemandirian anak usia dini.
Irawati, L., Suryani, L., Luji, A., & Mulyanto, Y. (2023). Tinjauan Kritis Model Pembelajaran Montessori dalam Pengembangan Kemandirian Anak. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4033–4038. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.1577
Kamil, N., & Asriyani, S. (2023). Analisis Penerapan Metode Montessori Pada Aspek Kemandirian Anak Melalui Kegiatan Pembelajaran Practical Life. Jurnal Buah Hati, 10(1), 1–15. https://doi.org/10.46244/buahhati.v10i1.2098
Khulusinniyah, K., & Masrurah, Z. (2021). Implementasi Metode Montessori Untuk Mengembangkan Kemandirian Anak Di Ra Miftahul Ulum Manggisan Jember. Atthufulah?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 47–52. https://doi.org/10.35316/atthufulah.v1i2.1367
Lubis, M. A., Dina, R., & Putra, S. (2023). Improving the caring character of the school environment through providing group guidance services using discussion techniques. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 10(2), 207-2016.
Noor, Z. Z. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif: Petunjuk Praktis untuk Penyusunan Skripsi, Tesis dan Disertasi. In Deepublish (p. 113).
Putra, S., Simaremare, A., & Dina, R. (2024). The Relationship Between Emotion Regulation And Teacher Work Motivation At Vocational High School. Coution: Journal Counseling and Education, 5(1), 1-6.
Rahmah, A. A., Fatimah, N., & Febrianti, D. A. (2025). IMPLEMENTASI METODE MONTESSORI DALAM PENGEMBANGAN SENSORI MOTORIK UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN USIA 3-4 TAHUN DI KB BABUR RAHMAN PAKUNIRAN. 6(1), 1–12.
Surya Putra, W. ., & Wanda, K. . (2023). Management of Islamic religious education learning by utilizing artificial intelligence technology for students of the Islamic Religious Education study program. At-Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 60-74. https://doi.org/10.51700/attadbir.v3i2.862
Sholeh, M. I. (n.d.). Penerapan Metode Montessori dalam Pendidikan Anak Usia Dini Untuk Meningkatkan Kemandirian dan Kreativitas Anak.
Sofiyah, D., & Fuqaha, A. (2024). Upaya Meningkatkan Kemandirian Tingkah Laku Melalu Metode Montessori. GHULAMUNA: Journal of Early Childhood Education, 124