Peran AI Terhadap Perkembangan Kognitif Peserta Didik DI Sekolah Menengah Atas (SMA)

Main Article Content

Ihwal Syahwaludin
Duha Rizqia
Salsabila Yumna
Aisyah Wulandari Sisworo

Abstract

Kemajuan teknologi Kecerdasan Buatan (AI) telah membawa perubahan besar dalam dunia pendidikan, khususnya di jenjang Sekolah Menengah Atas. AI memiliki peran penting dalam mendukung perkembangan kognitif siswa dengan menyediakan pengalaman belajar yang personal, adaptif, dan interaktif. Melalui pemanfaatan tutor cerdas, chatbot pendidikan, serta analisis pembelajaran secara real-time, siswa mendapatkan bantuan yang tepat sasaran dalam mengasah kemampuan berpikir kritis, kreativitas, dan pemecahan masalah. Namun, penggunaan AI secara berlebihan dapat mengurangi kemandirian dan keterlibatan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif berbasis studi literatur untuk mengkaji pengaruh AI terhadap perkembangan kognitif siswa SMA. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan AI dalam pendidikan memiliki potensi besar, namun juga disertai tantangan. Oleh karena itu, integrasi yang strategis, kesadaran etis, dan keterlibatan aktif guru menjadi kunci agar AI benar-benar menjadi alat bantu pembelajaran yang bermakna, tanpa mengesampingkan aspek kemanusiaan dalam pendidikan.

Article Details

Section
Articles

References

Ali, Muttaqin Kholis, Al Muhtadibillah Ali, Fitri Furqoni Ali, & Rahmi Imanda Ali. (2025). "Peningkatan Kualitas Pembelajaran Siswa SMA Sederajat Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Kecerdasan Buatan". Cognoscere: Jurnal Komunikasi dan Media Pendidikan, Vol. 3, No. 1

Azzahra, T. Suhada, Nindiasari, H., Aryoko, Z. F., Affiah, Z. N., Novidion Affah, R., & Faizah, D. T. (2023). "Analisis Perkembangan Kognitif Siswa SMA Pada Pembelajaran Matematika". WILANGAN: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, Vol.4, no.1

br Sitepu, S. P., & Putra, S. (2025). Efforts To Improve Arabic Languege Learning Outcomes Using Audio Visual Based Touchable Grammatical Method. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 7(1), 235-255.

Cahyanto, Iman, & Nana Supriatna Sonjaya. (2024). "Memanfaatkan Kecerdasan Buatan untuk Meningkatkan Proses Evaluasi Pembelajaran di Sekolah Menengah: Suatu Tinjauan terhadap Potensi dan Tantangannya". Edum Journal, Vol. 7, No. 1,

Dina, R. (2024). Dampak Self-Disclosure Di Media Sosial Terhadap Pembentukan Self-Concept Siswa Kelas XI SMA Swasta Bintang Langkat. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling, 13(1).

Farid, I., Reksoprodjo, A. H., & Suhirwan, S. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence Dalam Pertahanan Siber. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(2), 779-788. Indrajit, R.E

Hasan, H., Bora, M. A., Afriani, D., Artiani, L. E., Puspitasari, R., Susilawati, A., ... & Hakim, A. R. (2025). Metode Penelitian Kualitatif. Agam: Yayasan Tri Edukasi Ilmiah. ISBN: 978-623-7178-22-0.

Judijanto, L., Nisa, R., Fatulloh, M. A., & Al-Amin. (2024). Pengaruh Kecerdasan Buatan Terhadap Pengembangan Kognitif Dalam Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kearifan Lokal (JIPKL), Vol.4, no.5

Kushariyadi, D., Apriyanto, A., Herdiana, Y., Asy’ari, F. H., Judijanto, L., Pasrun, Y. P., & Mardikawati, B. (2024). Artificial intelligence: Dinamika perkembangan AI beserta penerapannya. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Lubis, M. A., Dina, R., & Putra, S. (2023). Improving the caring character of the school environment through providing group guidance services using discussion techniques. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 10(2), 207-2016.

Mayasari, N., Sastraatmadja, A. H. M., Suhara, A., Jauhar, N., Hasan, S., & Maqfirah, P. A.-V. (2025). Artificial intelligence dalam pendidikan: Metode, implementasi, dan evaluasi. Widina Media Utama.

Nafil, Adam Aditya, Faris Jatmiko, Rizal Wahyu Saputra, & Jadiaman Parhusip. (2024). "Distribusi Rata-Rata Pengaruh Artificial Intelligence terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa". Informatika: Jurnal Teknik Informatika dan Multimedia, Vol. 4, No. 2,

Paul Suparno, (2006) Perkembangan Kognitif Jean Piaget, Yogyakarta: Kanisius, Cet I Addzaky, K. U. (2024). Perkembangan Peserta Didik SMA (Sekolah Menengah Atas). Jurnal Ilmiah Nusantara (JINU), Vol.3, no.1

Putra, S., Simaremare, A., & Dina, R. (2024). The Relationship Between Emotion Regulation And Teacher Work Motivation At Vocational High School. Coution: Journal Counseling and Education, 5(1), 1-6.

Surya Putra, W. ., & Wanda, K. . (2023). Management of Islamic religious education learning by utilizing artificial intelligence technology for students of the Islamic Religious Education study program. At-Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 60-74. https://doi.org/10.51700/attadbir.v3i2.862

Sukiman, Hendry, Muhammad Khufhi Zuhandi, & Fenny S. Sjukun. (2024), "Pelatihan Pemanfaatan Gemini AI untuk Mendukung Pembelajaran pada SMA di Sumatera Utara." Prioritas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Vol.6, no.1

Umrati, & Wijaya, H. (2020). Analisis Data Kualitatif: Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray. ISBN: 978-623-90515-9-4.