Analisis Penggunaan Media Sosial Sebagai Promosi Pada Penjualan Pembibitan Dan Dampaknya Terhadap Peningkatan Perekonomian Masyarakat

Authors

  • sumayyah daulay Institut syekh Abdul Halim Hasan Binjai
  • Sumayyah Daulay Istitut Syekh Abdul Halim hasan binjai
  • Mutiara Maylana Istitut Syekh Abdul Halim hasan binjai
  • Riska Fitria Istitut Syekh Abdul Halim hasan binjai
  • Yohana Istitut Syekh Abdul Halim hasan binjai
  • T. Citra Nisa Farza Istitut Syekh Abdul Halim hasan binjai

Keywords:

Media Sosial, Promosi Digital, Pembibitan, Perekonomian Masyarakat, Pemberdayaan

Abstract

Penelitian ini menganalisis penggunaan media sosial sebagai sarana promosi penjualan pembibitan dan dampak media sosial terhadap peningkatan perekonomian masyarakat melalui studi kasus pada tiga pembibitan di desa Sei Remban: Cipta Karya Tani, Sedulur Tani, dan Tunas Baru Nurseri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi, penelitian ini mengkaji bagaimana ketiga usaha pembibitan tersebut memanfaatkan platform media sosial seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, dan TikTok dalam strategi promosi mereka. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan omzet yang signifikan berkisar antara 50-60% setelah mengimplementasikan strategi promosi digital. Selain dampak ekonomi, penggunaan media sosial juga berkontribusi pada pemberdayaan masyarakat lokal melalui penyerapan tenaga kerja dan program pelatihan. Meskipun menghadapi tantangan seperti pembuatan konten yang menarik dan membangun kepercayaan pelanggan, ketiga usaha pembibitan telah berhasil memperluas jangkauan pasar mereka hingga ke berbagai wilayah di Indonesia.

References

Kedaulatan, P. M., Berkelanjutan, P., Sulistyowati, R., Lidyana, N., & Oktaviani, D. A. (2019). Seminar Nasional Peran Petani Milenial Dalam Pembangunan Analisis Usahatani Pembibitan Pepaya Varietas Merah Delima Di Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo.

Laili Puji Hardini, Agus Priyanto. (2021). Upaya Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi Mayarakat Melalui Budidaya Pembibitan Tanaman. 25.

Li, B. A. B. (2018). Bab II Kajian Pustaka 2.1. Landasan Teori 2.1.1. Promosi 2.1.1. 424–425.

Mulyono, R., Utami, D. P., & Wicaksono, I. A. (2021). Penerapan Bauran Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Bibit Tanaman Di Cv Wahyu Tani Putra. Surya Agritama Volume 10 Nomor 1, 10, 138–150. Https://Jurnal.Umpwr.Ac.Id/Index.Php/Suryaagritama/Article/View/1385

Ong, D. (2020). Analisa Penggunaan Sistem Sosial Media Terhadap Dampak Pemasaran Penjualan Produk Pada Umkm. Respati, 15(2), 26. Https://Doi.Org/10.35842/Jtir.V15i2.345

Riotama, R. (2022). Proses Penginputan Data Penjualan Bahan Baku Utama Seragam Olahraga Pt. Ghanitex Indonesia. Manajemen Perdagangan, 5–22.

Rozi, F. (2022). Bab Ii Kajian Pustaka Bab Ii Kajian Pustaka 2.1. Bab Ii Kajian Pustaka 2.1, 12(2004), 6–25.

Setianingsih, R., Putra, R., & Rahmanita, N. (2023). Kembangkan Pembibitan Tanaman Sayur Guna Mempercepat Pembangunan Di Bidang Ketahanan Pangan. Journal Communnity Development, 4 No. 4(4), 2713–7217.

Downloads

Published

2025-07-14

How to Cite

sumayyah daulay, Sumayyah Daulay, Mutiara Maylana, Riska Fitria, Yohana, & T. Citra Nisa Farza. (2025). Analisis Penggunaan Media Sosial Sebagai Promosi Pada Penjualan Pembibitan Dan Dampaknya Terhadap Peningkatan Perekonomian Masyarakat. Al-Istimrar: Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1), 56–70. Retrieved from https://www.jurnal.insan.ac.id/index.php/istimrar/article/view/751

Issue

Section

Articles