Analisis Penggunaan Media Sosial Sebagai Promosi Pada Penjualan Pembibitan Dan Dampaknya Terhadap Peningkatan Perekonomian Masyarakat
Keywords:
Media Sosial, Promosi Digital, Pembibitan, Perekonomian Masyarakat, PemberdayaanAbstract
Penelitian ini menganalisis penggunaan media sosial sebagai sarana promosi penjualan pembibitan dan dampak media sosial terhadap peningkatan perekonomian masyarakat melalui studi kasus pada tiga pembibitan di desa Sei Remban: Cipta Karya Tani, Sedulur Tani, dan Tunas Baru Nurseri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi, penelitian ini mengkaji bagaimana ketiga usaha pembibitan tersebut memanfaatkan platform media sosial seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, dan TikTok dalam strategi promosi mereka. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan omzet yang signifikan berkisar antara 50-60% setelah mengimplementasikan strategi promosi digital. Selain dampak ekonomi, penggunaan media sosial juga berkontribusi pada pemberdayaan masyarakat lokal melalui penyerapan tenaga kerja dan program pelatihan. Meskipun menghadapi tantangan seperti pembuatan konten yang menarik dan membangun kepercayaan pelanggan, ketiga usaha pembibitan telah berhasil memperluas jangkauan pasar mereka hingga ke berbagai wilayah di Indonesia.
References
Kedaulatan, P. M., Berkelanjutan, P., Sulistyowati, R., Lidyana, N., & Oktaviani, D. A. (2019). Seminar Nasional Peran Petani Milenial Dalam Pembangunan Analisis Usahatani Pembibitan Pepaya Varietas Merah Delima Di Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo.
Laili Puji Hardini, Agus Priyanto. (2021). Upaya Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi Mayarakat Melalui Budidaya Pembibitan Tanaman. 25.
Li, B. A. B. (2018). Bab II Kajian Pustaka 2.1. Landasan Teori 2.1.1. Promosi 2.1.1. 424–425.
Mulyono, R., Utami, D. P., & Wicaksono, I. A. (2021). Penerapan Bauran Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Bibit Tanaman Di Cv Wahyu Tani Putra. Surya Agritama Volume 10 Nomor 1, 10, 138–150. Https://Jurnal.Umpwr.Ac.Id/Index.Php/Suryaagritama/Article/View/1385
Ong, D. (2020). Analisa Penggunaan Sistem Sosial Media Terhadap Dampak Pemasaran Penjualan Produk Pada Umkm. Respati, 15(2), 26. Https://Doi.Org/10.35842/Jtir.V15i2.345
Riotama, R. (2022). Proses Penginputan Data Penjualan Bahan Baku Utama Seragam Olahraga Pt. Ghanitex Indonesia. Manajemen Perdagangan, 5–22.
Rozi, F. (2022). Bab Ii Kajian Pustaka Bab Ii Kajian Pustaka 2.1. Bab Ii Kajian Pustaka 2.1, 12(2004), 6–25.
Setianingsih, R., Putra, R., & Rahmanita, N. (2023). Kembangkan Pembibitan Tanaman Sayur Guna Mempercepat Pembangunan Di Bidang Ketahanan Pangan. Journal Communnity Development, 4 No. 4(4), 2713–7217.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 sumayyah daulay, Sumayyah Daulay , Mutiara Maylana , Riska Fitria , Yohana, T. Citra Nisa Farza

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.