Al-Istimrar: Jurnal Ekonomi Syariah https://www.jurnal.insan.ac.id/index.php/istimrar <p>Al-Istimrar: Jurnal Ekonomi Syariah is a double blind peer-reviewed scientific journal published by the Institute for Research and Community Empowerment (IRCE) or LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) Sekolah Tinggi Agama Islam Syekh. H. Abdul Halim Hasan Al Ishlahiyah Binjai. Al-Istimrar: Jurnal Ekonomi Syariah provides a media for academicians, scientists, researchers, practitioners in the field of sharia economics, Islamic finance, Islamic capital market, Halal Industry, Islamic microfinance, Islamic social finance includes ZISWAF (Zakat Infaq Sadaqah Waqf), Islamic Commercial finance, Islamic Insurance, Islamic Economic Thought, Sustainabilty, Economic Development, and other issues which are in line to this area. Al-Istimrar: Jurnal Ekonomi Syariah has <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20221229551514033">E-ISSN: 2985-4962</a>. This journal is published twice a year (June and Desember).</p> en-US alistimrar@ishlahiyah.ac.id (Rahmi Edriyanti, S.E.I., M.E.) sanputra@ishlahiyah.ac.id (San Putra, M.Pd) Mon, 14 Jul 2025 17:45:56 +0000 OJS 3.2.1.2 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Maqashid Syariah sebagai Landasan Pengembangan Green Economy di Indonesia https://www.jurnal.insan.ac.id/index.php/istimrar/article/view/783 <p>This study aims to examine the role of Islamic economics in supporting the implementation of a green economy in Indonesia by using the Maqashid Syariah theory as the analytical framework. Green economy focuses on the efficient management of natural resources, pollution reduction, and the creation of sustainable social welfare. In this context, Islamic economics offers principles that support environmental and social sustainability. Using a library research approach, this study analyzes literature that discusses Islamic economics, green economy, and the application of Maqashid Syariah in environmentally friendly economic policies. The research findings show that the principles of Islamic economics, such as al-hifz al-mal (protecting wealth), al-adalah (justice), and al-hifz al-nafs (protecting life), play a significant role in creating a just and sustainable green economy. The implementation of Islamic financial products such as green sukuk and environmentally friendly financing is key to achieving sustainability goals. Despite challenges in policy implementation and public awareness, this study emphasizes the great potential of Islamic economics in supporting green economy in Indonesia.</p> <p>Keywords: Islamic Economics; Green economy; Maqashid Syariah</p> Adelia Putri, Ara Mustika Ningtias , Ayu Khairani , Ayu Ramadhayanti, Ikhsan Padlu Pamungkas, Desi Anggraini, Gadis Arniyati Athar Copyright (c) 2025 Adelia Putri, Ara Mustika Ningtias , Ayu Khairani , Ayu Ramadhayanti, Ikhsan Padlu Pamungkas, Desi Anggraini, Gadis Arniyati Athar https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://www.jurnal.insan.ac.id/index.php/istimrar/article/view/783 Mon, 14 Jul 2025 00:00:00 +0000 Efektivitas Digital Marketing, Potongan Harga, dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus: Toko Arif Jaya) https://www.jurnal.insan.ac.id/index.php/istimrar/article/view/829 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh <em>digital marketing, </em>potongan harga dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian di Toko Arif Jaya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan populasi yaitu seluruh konsumen yang pernah berbelanja di Toko Arif Jaya. Adapun jenis <em>probability sampling </em>yang digunakan dalam penelitian ini adalah <em>Simple Random Sampling </em>dengan jumlah 60 orang. Uji asumsi klasik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji heteroskedastisitas dan uji multikolinearitas. Uji regresi yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linear berganda. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji F, uji t dan uji R<sup>2</sup>. Hasil penelitian ini adalah secara simultan Variabel indepanden yang terdiri dari <em>Digital marketing</em> (X<sub>1</sub>), Potongan harga <em>&nbsp;</em>(X<sub>2</sub>), dan Kualitas layanan (X<sub>3</sub>) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel dependen yaitu Keputusan Pembelian (Y). Secara parsial Variabel <em>Digital marketing</em> (X<sub>1</sub>) secara parsial pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Secara parsial Variabel Potongan harga <em>&nbsp;</em>(X<sub>2</sub>) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Secara parsial Variabel Kualitas layanan (X<sub>3</sub>) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y).</p> Inda Arfa Syera, Supiah Ningsih, Rudy Irwansyah Copyright (c) 2025 Inda Arfa Syera, Supiah Ningsih, Rudy Irwansyah https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://www.jurnal.insan.ac.id/index.php/istimrar/article/view/829 Mon, 14 Jul 2025 00:00:00 +0000 Pengaruh Boikot Produk Israel Terhadap Peningkatan Penggunaan Produk Lokal https://www.jurnal.insan.ac.id/index.php/istimrar/article/view/780 <p>Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh dari boikot produk Israel terhadap peningkatan penggunaan produk lokal di Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai, khususnya pada mahasiswa stambuk 2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan mengaplikasikan data primer yang bersumber langsung dari responden melalui pengisian instrumen kuesioner. Pada penelitian ini terdapat 3 fakultas dan 6 program studi yang menjadi obyek penelitian, kemudian mengambil sampel dengan menggunakan teknik <em>random sampling</em>. Adapun metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana dengan bantuan <em>software </em>IBM SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa boikot produk Israel berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai sig 0,000. Hasil uji koefisien determinasi sebesar 61% yang artinya boikot produk Israel berkontribusi terhadap peningkatan penggunaan produk lokal sebesar 61% dan sisanya 39% dipengaruhi oleh faktor lain.</p> Nayla Batubara, Delima Azzahra, Nia Nurul Maydina, Karina Tri Vitaloka, T.Citra Nisa Farza Copyright (c) 2025 Nayla Batubara https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://www.jurnal.insan.ac.id/index.php/istimrar/article/view/780 Mon, 14 Jul 2025 00:00:00 +0000 Pengaruh Jumlah Penduduk dan Pengangguran Terhadap Tingkat Kemiskinan di Kota Binjai https://www.jurnal.insan.ac.id/index.php/istimrar/article/view/761 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Jumlah Penduduk, Pengangguran, terhadap tingkat kemiskinan di Kota Binjai. Metode analisis deskriptif dan kuantitatif digunakan pada data runtun waktu (time series) dari tahun 2019-2023. Hasil analisis menunjukkan bahwa selama periode tahun 2019-2023, Jumlah Penduduk dan Pengangguran tidak berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat kemiskinan di Kota Binjai. Hasil Uji Koefisien determinasi menunjukan bahwa kontribusi variabel jumlah penduduk dan pengangguran sebesar 78,66% terhadap kemiskinan di Kota Binjai, sisanya 21,34% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini.</p> dini sulystya, Endang Puspita Sari, T.Citra Nisa Farza Copyright (c) 2025 dini sulystya https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://www.jurnal.insan.ac.id/index.php/istimrar/article/view/761 Mon, 14 Jul 2025 00:00:00 +0000 Analisis Penggunaan Media Sosial Sebagai Promosi Pada Penjualan Pembibitan Dan Dampaknya Terhadap Peningkatan Perekonomian Masyarakat https://www.jurnal.insan.ac.id/index.php/istimrar/article/view/751 <p>Penelitian ini menganalisis penggunaan media sosial sebagai sarana promosi penjualan pembibitan dan dampak media sosial terhadap peningkatan perekonomian masyarakat melalui studi kasus pada tiga pembibitan di desa Sei Remban: Cipta Karya Tani, Sedulur Tani, dan Tunas Baru Nurseri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi, penelitian ini mengkaji bagaimana ketiga usaha pembibitan tersebut memanfaatkan platform media sosial seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, dan TikTok dalam strategi promosi mereka. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan omzet yang signifikan berkisar antara 50-60% setelah mengimplementasikan strategi promosi digital. Selain dampak ekonomi, penggunaan media sosial juga berkontribusi pada pemberdayaan masyarakat lokal melalui penyerapan tenaga kerja dan program pelatihan. Meskipun menghadapi tantangan seperti pembuatan konten yang menarik dan membangun kepercayaan pelanggan, ketiga usaha pembibitan telah berhasil memperluas jangkauan pasar mereka hingga ke berbagai wilayah di Indonesia.</p> sumayyah daulay, Sumayyah Daulay , Mutiara Maylana , Riska Fitria , Yohana, T. Citra Nisa Farza Copyright (c) 2025 sumayyah daulay, Sumayyah Daulay , Mutiara Maylana , Riska Fitria , Yohana, T. Citra Nisa Farza https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://www.jurnal.insan.ac.id/index.php/istimrar/article/view/751 Mon, 14 Jul 2025 00:00:00 +0000