Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar AUD

Authors

  • Aida Aqliya Dzakkiyah Mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.59342/jgt.v3i1.241

Keywords:

Lingkungan, lingkungan belajar, pendidikan, anak

Abstract

Lingkungan adalah sesuaian yang berada di luar batasan-batasan kemampuan dan potensi genetik seseorang dan berperan dalam menyiapkan fasilitas-fasilitas atau hambat seseorang dari pertumbuhan. Lingkungan sebagai sumber belajar yang ada di sekitar/di sekeliling anak (makhluk hidup, benda mati, dan budaya manusia) yang dapat membangun kegiatan belajar dan pembelajaran secara lebih optimal. Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar di TK mengarahkan anak pada peristiwa dan keadaan yang sebenarnya, keadaan alami sehingga lebih nyata, lebih aktual dan kebenarannya lebih dipertanggung jawabkan. Pengetahuan anak-anak berkembang signifikan ketika mereka belajar di lingkungan mereka. Anak-anak dapat mempelajari sikap (afektif) di lingkungan sekitar, termasuk mempromosikan kebaikan, toleransi, dan menghormati orang lain. Pendidikan semacam akan mendorong pandangan sosial pada masyarakat, yang akan memampuan psikomotorik mereka melalui pembelajaran di lingkungan sekitar. Anak-anak dapat secara langsung mengetahui dan mengalami berbagai hal, misalnya dengan terlibat dan menyaksikan kegiatan. Dengan demikian, mengajarkan anak-anak tentang pendidikan sosial dan kemasyarakatan akan membantu mereka tumbuh menjadi orang dewasa yang bijaksana. Anak-anak akan memahami kepribadian semua orang dari berbagai latar belakang sosial. Anak-anak yang memahami hal tersebut akan melihat keagungan Allah SWT dan mengembangkan rasa syukur kepada-Nya karena telah menciptakan manusia dengan berbagai macam budaya sosial.

References

Choiri, Moh Miftahul. (2017). UPAYA PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR ANAK. JURNAL REFLEKSI EDUKATIKA, Vol. 8(1).

Ikhsan, A., Sulaiman, S., & Ruslan, R. (2017). Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar di sd negeri 2 teunom aceh jaya. Jurnal ilmiah mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar. Vol. 2(1). Hal. 1-11.

Putra, Wiene, and Karina Wanda. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 31, 2023): 810-817. Accessed December 23, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2191.

Wanda , K. ., Dahnial , I. ., & Pratiwi , I. . (2023). TRANSISI MODIFIKASI KELAS TEKNOLOGI INSTRUKSIONAL VIRTUAL MENGGUNAKAN MODEL SAMR DAN TPACK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 77–84. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17661

UPAYA PENINGKATAN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MTsN 9 BIREUEN. (2023). Jurnal Tarbiyah Almuslim, 1(2), 64-70. https://ejournal.iai-almuslimaceh.ac.id/index.php/JTA/article/view/50

Pengaruh Kebijakan Pendidikan Dalam Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Menengah Pertama (SMP). (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 741-744. https://doi.org/10.62504/wrjjgr65

Fungsi Kebijakan Pendidikan. (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 688-693. https://doi.org/10.62504/eh859w05

Formulasi Kebijakan Pendidikan. (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 672-678. https://doi.org/10.62504/7x675g26

Evaluasi Kebijakan Pendidikan. (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 679-687. https://doi.org/10.62504/t6yh3470

Putra, W. S. ., & Wanda, K. . (2023). MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS KEMAMPUAN WARGA DI MADRASAH TSANAWIYAH . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 373–380. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18189

Putra, Wiene Surya (2017) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI 2D UNTUK PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR NEGERI NO.024183 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.

Putra, Wiene, and Karina Wanda. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 31, 2023): 810-817. Accessed January 5, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2191.

Putra, . W. S. ., Lubis, H. W. ., & Putri, E. E. . (2022). APLIKASI MEDIA SOSIAL PADA PARTISIPASI DAKWAH ISLAM DESA SIDOREJO LANGKAT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1942–1948. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.9400

Rahmawati, Umi Nur Afifah. (2020). PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI MIM PUNDUNGREJO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jenius: Jurnal of Education Policy and Elementary Education Issues, Vol. 1(1). Hal. 16-25.

Syam, Mohammad Noor. (1984). Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional.

Ulum, Irfatul. (2014). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 3(2). Hal. 518-523.

Mahirah, B. (2017). Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa). Jurnal Idaarah, 1 (2), 257-267

Kurniasari. I., Samiati, S., & Heanilah, E.Y. (2018). Penggunaan Media Alam Sekitar dan Kemampuan Berfikir Logis Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4 (1).

Muhammad Efendi (2013). Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran. Di unduh di http://efendi08.blogspot.co.id/2013/03/lingkungan-sebagai-mediapembelajaran.html pada tanggal 8 Juni 2023

Ermawati, S., & Hidayat, T. (2017). Penilaian Autentik dan Relevansinya dengan Kualitas Hasil Pembelajaran (Presepsi Dosen dan Mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro). Journal Pendidikan Ilmu Sosial, 27 (1), 92-103

Andrianto, D. (2011). Memanfaatkan Lingkungan Sekitar sebagai Sumber Belajar Anak Usia Dini, Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini. Al_Ashlah Journal of Islamic Studies, 1 (1), 1-9.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Dzakkiyah, A. A. (2024). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar AUD. Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 104–113. https://doi.org/10.59342/jgt.v3i1.241

Issue

Section

Articles