PENGARUH KUALITAS PELAYANAN ISLAMI TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM KONSEP EKONOMI ISLAM PADA PT. BANK SYARIAH INDONESIA, TBK KCP STABAT

Authors

  • Isabella Isabella STAI Jam’iyah Mahmudiyah Langkat
  • Abdullah Sani STAI Jam’iyah Mahmudiyah Langkat
  • Anjur Perkasa Alam STAI Jam’iyah Mahmudiyah Langkat

DOI:

https://doi.org/10.59342/jer.v1i2.75

Keywords:

Kualitas Pelayanan Islami, Kepuasan Nasabah

Abstract

Di era persaingan yang semakin kompetitif ini, setiap perusahaan semakin menyadari pentingnya aspek pelayanan terhadap pelanggan untuk menjamin kelangsungan bisnis mereka. Seorang nasabah yang puas terhadap pelayanan pegawai Bank menjadi aset yang sangat bernilai bagi perusahaan. Dipertahankannya nasabah dapat mengurangi usaha mencari nasabah baru yang berarti memberikan umpan balik positif kepada perusahaan. Perusahaan dapat lebih melakukan penghematan biaya dalam mempertahankan nasabah yang lama dari pada mencari nasabah baru. Fokus pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan Islami yang diberikan PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk KCP Stabat terhadap kepuasan nasabah. Pada penelitian ini memiliki satu variabel bebas yaitu kualitas pelayanan Islami dan satu variabel terikat yaitu kepuasan nasabah. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif yang menekankan analisis data bersifat statistik, dengan tujuan menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Sumber data penelitian ini diperoleh dari jawaban angket yang diberikan kepada nasabah PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk KCP Stabat. Pengolahan dan pada penelitian ini menggunakan program komputer SPSS dan Microsoft Office Excel. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji t, uji r, dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pelayanan Islami terhadap kepuasan nasabah PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk KCP Stabat hal ini diperoleh dari hasil uji hipotesis yaitu uji t yang menunjukkan bahwa nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) dan nilai thitung > ttabel (13,126 > 1,98447) maka terdapat pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Pelayanan Islami yang dilakukan PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk KCP Stabat mempengaruhi kepuasan nasabah sebesar 63,4%. Terdapat hubungan yang positif atau sejalan antara pelayanan Islami dengan kepuasan nasabah. artinya semakin bagus pelayanan yang diberikan oleh PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk KCP Stabat maka  kepuasan nasabah di PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk KCP Stabat akan semakin meningkat, begitupun sebaliknya jika pelayanan yang diberikan kurang bagus maka kepuasan nasabah juga akan berkurang.

Downloads

Published

2024-04-11