PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN ONION CHIPS BINJAI
DOI:
https://doi.org/10.59342/jer.v2i1.165Keywords:
Loyalitas Konsumen; Marketing Mix; BinjaiAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena dimana loyalitas konsumen semakin menjadi hal yang penting. Pada masa ini kompetisi dan persaingan semakin kuat dan ketat.maka dari itu pemilik usaha harus memiliki strategi pemasaran yang tepat untuk menghadapi persaingan tersebut. Diantara strategi itu marketing mix muncul sebagai sebuah solusi dimana strategi ini mencakup beberapa variabel yang dapat digunakan seperti produk, harga, promosi, dan tempat. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi Uji normalitas, dan uji hipotesis yang terdiri dari uji koefisien korelasi, uji model R2 (koefisien determinasi), uji F (uji simultan). Dari hasil penelitian didapatkan hasil bahwa variabel marketing mix memiliki pengaruh terhadap loyalitas konsumen Onion Chips Binjai dengan signifikansi 0,000<0,05 dan nilai f hitung 29,511>2,490 dari f tabel. Kemudian dengan nilai koefisien determinasi 60,5% menunjukkan bahwa variabel marketing mix memiliki pengaruh yang cukup besa kepada loyalitas konsumen Onion Chips Binjai.
References
Anderson. (2017). Koefisien korelasi uji validitas dan realibilitas. Metode Penelitian, 37–54.
Fatmawati, R. (2021). Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi. Binjai: Fatih Digitama Indonesia.
Hidayat, A. (2013). Uji F dan Uji T. Diakses pada: 10 Oktober 2022. Tersedia pada: https://www.statistikian.com/2013/01/uji-f-dan-uji-t.html.
Lusiah. (2018). Loyalitas Pelanggan. Yogyakarta: Deepublish.
Rizki, D. K., & Aprileny, I. (2020). pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (studi kasus pelanggan make over cosmetics di mall metropolitan bekasi). pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (Studi Kasus Pelanggan Make Over Cosmetics di Mall Metropolitan Bekasi).
Suryati, L. (2015). Manajemen Pemasaran: Suatu Strategi Dalam Meningkatkan Yogyakarta: Deepublish
Sya’idah, E. H., & Jauhari, T. (2018). Pengaruh marketing mix terhadap loyalitas pelanggan. Ekonika: Jurnal ekonomi universitas kadiri, 3, 23..
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Aulia Barqa, Sri Herlina, Rizky Fatmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.