PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN ONION CHIPS BINJAI

Authors

  • Aulia Barqa STAI Syekh H. Abdul Halim Hasan Al Ishlahiyah Binjai
  • Sri Herlina STAI Syekh H. Abdul Halim Hasan Al Ishlahiyah Binjai
  • Rizky Fatmawati STAI Syekh H. Abdul Halim Hasan Al Ishlahiyah Binjai

DOI:

https://doi.org/10.59342/jer.v2i1.165

Keywords:

Loyalitas Konsumen; Marketing Mix; Binjai

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena dimana loyalitas konsumen semakin menjadi hal yang penting. Pada masa ini kompetisi dan persaingan semakin kuat dan ketat.maka dari itu pemilik usaha harus memiliki strategi pemasaran yang tepat untuk menghadapi persaingan tersebut. Diantara strategi itu marketing mix muncul sebagai sebuah solusi dimana strategi ini mencakup beberapa variabel yang dapat digunakan seperti produk, harga, promosi, dan tempat. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi Uji normalitas, dan uji hipotesis yang terdiri dari uji koefisien korelasi, uji model R2 (koefisien determinasi), uji F (uji simultan). Dari hasil penelitian didapatkan hasil bahwa variabel marketing mix memiliki pengaruh terhadap loyalitas konsumen Onion Chips Binjai dengan signifikansi 0,000<0,05 dan nilai f hitung 29,511>2,490 dari f tabel. Kemudian dengan nilai koefisien determinasi 60,5% menunjukkan bahwa variabel marketing mix memiliki pengaruh yang cukup besa kepada loyalitas konsumen Onion Chips Binjai.

 

References

Anderson. (2017). Koefisien korelasi uji validitas dan realibilitas. Metode Penelitian, 37–54.

Fatmawati, R. (2021). Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi. Binjai: Fatih Digitama Indonesia.

Hidayat, A. (2013). Uji F dan Uji T. Diakses pada: 10 Oktober 2022. Tersedia pada: https://www.statistikian.com/2013/01/uji-f-dan-uji-t.html.

Lusiah. (2018). Loyalitas Pelanggan. Yogyakarta: Deepublish.

Rizki, D. K., & Aprileny, I. (2020). pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (studi kasus pelanggan make over cosmetics di mall metropolitan bekasi). pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (Studi Kasus Pelanggan Make Over Cosmetics di Mall Metropolitan Bekasi).

Suryati, L. (2015). Manajemen Pemasaran: Suatu Strategi Dalam Meningkatkan Yogyakarta: Deepublish

Sya’idah, E. H., & Jauhari, T. (2018). Pengaruh marketing mix terhadap loyalitas pelanggan. Ekonika: Jurnal ekonomi universitas kadiri, 3, 23..

Downloads

Published

2024-04-11