Pengalaman Belajar Melalui Pojok Baca di Desa Ndokum Siroga Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo

Authors

  • Ahmad Tarmizi Hasibuan UIN Sumatera Utara Medan
  • Torkis Dalimunte UIN SUMATERA UTARA MEDAN

Keywords:

Pengalaman Belajar, Pojok Baca, Minat Belajar Anak, Apresiasi Belajar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman belajar anak-anak melalui pemanfaatan pojok baca sebagai media literasi di Desa Ndokum Siroga, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya minat baca anak-anak akibat keterbatasan fasilitas literasi dan kurangnya sarana pembelajaran yang menarik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah anak-anak berusia 5–12 tahun yang mengikuti kegiatan pojok baca serta berbagai lomba literasi, seperti puisi, cerdas cermat, mewarnai, dan fashion show. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan pojok baca memberikan dampak positif terhadap peningkatan minat baca, keterampilan literasi, dan kreativitas anak. Proses pembelajaran dilakukan melalui tiga tahapan utama, yaitu orientasi literasi, implementasi pembelajaran dan kreativitas literasi, serta evaluasi kompetitif dan apresiasi. Data menunjukkan bahwa penerapan pojok baca mampu meningkatkan kemampuan literasi anak hingga 80%, melatih keberanian dalam mengekspresikan diri, serta menumbuhkan rasa percaya diri dan semangat belajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pojok baca merupakan strategi efektif untuk menumbuhkan budaya literasi sejak dini dan dapat menjadi solusi untuk mengatasi rendahnya minat baca anak-anak, khususnya di daerah pedesaan

References

Ardiansyah, L. (2024). Implementasi Full Day School Dalam Pembentukan Karakter Gemar Membaca Peserta Didik Kelas V Di Min 1 Pati Tahun 2023-2024. http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37633

Azis, A. M. (2019). Upaya Meningkatkan Creative Intelegence (Kecerdasan Kreatif) dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran Upaya, 1(3), 29–40.

Dwi Aryani, W., & Purnomo, H. (2023). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dalam Meningkatkan Budaya Membaca Siswa Sekolah Dasar. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 5(2), 71–82. https://doi.org/10.30599/jemari.v5i2.2682

Elviana, L., Sainanda, G., & Setiawati, M. (2022). Hubungan Pemberian Apresiasi Terhadap Minat Belajar Ips Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 1 X Koto Diatas. Jurnal Eduscience, 9(2), 388–394. https://doi.org/10.36987/jes.v9i2.3038

Haki, U., Prahastiwi, E. D., & Selatan, U. T. (2024). Strategi Pengumpulan dan Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 1–19. https://doi.org/10.46306/jurinotep.v3i1.67

Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep pendidikan abad 21: kepemimpinan dan pengembangan sumber daya manusia SD/MI. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 10(1).

Hasibuan, A. T., Sianipar, M. R., Ramdhani, A. D., Putri, F. W., & Ritonga, N. Z. (2022). Konsep dan karakteristik penelitian kualitatif serta perbedaannya dengan penelitian kuantitatif. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8686–8692.

Hasibuan, R. H., Laura, A., Kartika, & Selviyana. (2024). Pojok Baca Sebagai Langkah Awal Menuju Literasi yang Kuat bagi Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 7(2), 79–85.

Juli, E. P. (2024). Evaluasi Pembelajaran (Juli, 2024) (Issue July).

Kartikasari, E. (2022). Erlin Kartikasari. Jurnal Basicedu, 6(5), 8879–8.

Kirana, Z. C., & Al Badri, A. N. (2020). Peranan Apresiasi Guru Terhadap Antusias Belajar Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Hasan Muchyi. SALIMIYA: JurnalStudiIlmuKeagamaan Islam, Volume 1, 180.

Lestari, A. D., Hartati, A. S., Lestari, D., & Aldini, D. (2025). Peran Pojok Baca dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa di SD Negeri 027950 Binjai. 02, 792–803.

Madu, F. J., & Jediut, M. (2022). Membentuk Literasi Membaca Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 631–647. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2436

Marselina Jupon, R., & Septia Negara, E. (2024). Pojok Baca Sebagai Sarana Literasi Siswa Sekolah Dasar. JECE (Journal of Ethics and Character Education), 2(2), 53–60. https://doi.org/10.56327/jece.v2i2.37

Nainggolan, R., Nababan, R. D., Sianturi, S. L. J., Habibah, N., Ishadi, I. F., & Siallagan, L. (2024). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kurangnya Literasi Membaca Buku di SD Yayasan Duta Harapan Bukit Sion Medan. Pragmatik: Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa Dan Pendidikan, 2(3), 149–162. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v2i3.705

Nuraini, Z., & Amaliyah, N. (2024). Peran Pojok Baca dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Didaktika Jurnal Kependidikan, 13(3), 2789–2800.

Prayitno, A. (2024). Caraka Prabu?: Jurnal Ilmu Pemerintahan URGENSI PROGRAM GERAKAN LITERASI DESA DI Caraka Prabu?: Jurnal Ilmu Pemerintahan Tingkat pendidikan formal di desa-desa Indonesia masih rendah dibandingkan dengan daerah perkotaan . Data dari Badan Pusat Statistik. Caraka Prabu: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 8(1), 99–126.

Puspitasari, J. (2025). Jesika puspitasari nim:21531077.

Putri Pradana, F. A. (2020). Pengaruh Budaya Literasi Sekolah Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Terhadap Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 81–85. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.599

Rahman, M. A., Arbain, A. Y., & Prayoga, A. D. (2024). Pendampingan Kegiatan Kompetisi Polytechnic Creative Festival (PC FEST) pada Tahun 2024 Kategori Lomba Campus Website. ASPIRASI: Publikasi Hasil Pengabdian Dan Kegiatan Masyarakat, 2(6), 179–188. https://doi.org/10.61132/aspirasi.v2i6.1168

Rahmawati, N. K., Maruf, A. H., Ahmad, A., & Nurimani, N. (2022). Pendampingan Pembelajaran Dan Pemberian Motivasi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Bagi Anak-Anak Di Pkbm. Journal of Social Outreach, 1(1), 43–52. https://doi.org/10.15548/jso.v1i1.3846

Ronzon, T., Gurria, P., Carus, M., Cingiz, K., El-Meligi, A., Hark, N., Iost, S., M’barek, R., Philippidis, G., van Leeuwen, M., Wesseler, J., Medina-Lozano, I., Grimplet, J., Díaz, A., Tejedor-Calvo, E., Marco, P., Fischer, M., Creydt, M., Sánchez-Hernández, E., … Miras Ávalos, J. M. (2025). IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI MEMBACA. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.

Sartika, S. B. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. In Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.21070/2022/978-623-464-043-4

Suryana, E., Aprina, M. P., & Harto, K. (2022). Teori Konstruktivistik dan Implikasinya dalam Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2070–2080. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.666

Trisnawati, S. N. I., Mukhlisah, I., Ramadandi, A. B., Abdurrahman, Y., & Azizah, A. (2025). Pojok baca: suksesi gerakan literasi di sekolah. In Penerbit Tahta Media.

Usman, A. A., & Rohmah, L. (2024). Pemberian reward dalam pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan belajar anak usia dini: Studi Kualitatif Deskriptif. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 07(02), 60–73.

Zuhria, A. F., Kurnia, M. D., Jaja, J., & Hasanudin, C. (2020). Dampak Era Digital terhadap Minat Baca Remaja. JUBAH RAJA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 1(2), 22.

Downloads

Published

2025-11-24