Peran Lingkungan Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa Di SD IT Daarul Istiqlal
Keywords:
Lingkungan sekolah, Pendidikan karakter, Disiplin, Tanggung jawab, Kepedulian lingkungan.Abstract
Lingkungan sekolah mempunyai peran yang cukup besar terhadap cara berperilaku siswa, karena karakter siswa banyak dipengaruhi oleh interaksi sosial disekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran lingkungan sekolah dalam pembentukan karakter siswa di SD IT Daarul Istiqlal. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap siswa. Analisis interaktif terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter siswa merupakan aspek penting dalam pendidikan untuk menciptakan generasi yang berkualitas dan berintegritas. lingkungan sekolah memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai karakter. Melalui pembentukan karakter dalam kehidupan sehari-hari, diharapkan dapat menghasilkan individu yang memiliki akhlak mulia serta kesadaran moral yang tinggi.
References
Annisa, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.
Hikmat. (2009). Managemen Pendidikan. Angewandte Chemie Edition. 6(11), 951–952. International
Indy, R. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture, 12(4), 1–18. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/25466
Kasmiati Kasmiati, Jumiati Nur, & Ainun Jariah. (2023). Peranan Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Pada Sekolah Dasar Negeri No. 145 Inpres Bayowa Di Kabupaten Takalar. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i2.1401 3(2), 10–32.
Khofifah, S. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Ta’LIM: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(2), 59–65.
Mardikawati, S., Maharani, R., & Megawati, I. (2024). Peran Budaya Sekolah dalam Meningkatkan Karakter Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 4(1), 6–11.
Nantara, D. (2022). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan di Sekolah dan Peran Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 229–238. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3267%0Ahttps://jptam.or g/index.php/jptam/article/download/3267/2742
Naziyah, S., Akhwani, Nafiah, & Hartatik, S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.
Nur, A., & Malli, R. (2022). Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Desa Bontoala Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Islamic Journal: Pendidikan Agama Islam, 1(1), 83–97
Pakaya, I., & Posumah, J. H. (2021). Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Pendidikan Masyarakat Di Desa Biontong I Kecamatan Bolangitang Timur Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Jurnal Administrasi Publik, VII(104), 11–18.
Salsabilah, D. dan F. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158–7163.
Saragih, S. G., Sinaga, F., & Sinaga, N. B. (2019). Hubungan Lingkungan Sosial Dengan Efektivitas Belajar Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santo Borromeus. Jurnal STIKes Santo Borromeus.
Silitonga. Peduli (2021). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di zaman serba digital di sipahutar.
Widodo, A. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. 4(5), 1–23.
Zahroh, S., & Na’imah, N. (2020). Peran Lingkungan Sosial terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Jogja Green School. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo?: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i1.6293
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yulia Tiara Tanjung, Arief Rahman, Joko Priono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.












