Pendampingan Guru dalam Pemanfaatan Quizizz sebagai Media Pembelajaran di SMP Negeri Desa Sei Rotan
DOI:
https://doi.org/10.59342/jpkm.v4i2.886Keywords:
Pendampingan guru; Quizizz; media pembelajaran digital; literasi digital; sekolah pedesaan.Abstract
Transformasi pendidikan melalui teknologi informasi semakin berkembang, termasuk dalam penggunaan media pembelajaran interaktif seperti Quizizz , sebuah platform kuis digital yang dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa. Meski banyak digunakan di wilayah perkotaan, pemanfaatan Quizizz di sekolah pedesaan masih menghadapi berbagai kendala, seperti rendahnya literasi digital guru dan terbatasnya akses pelatihan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mendampingi 20 guru dari berbagai bidang studi di SMP Negeri Desa Sei Rotan dalam pemanfaatan Quizizz sebagai media pembelajaran. Metode pelaksanaan terdiri atas lima tahap: identifikasi kebutuhan, perencanaan, pelatihan teknis, simulasi di kelas, serta evaluasi dan tindak lanjut. Pelatihan dilakukan secara langsung dengan pendekatan partisipatif. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan Quizizz, ditandai dengan kemampuan menyusun kuis mandiri dan penerapan dalam proses belajar mengajar. Terdapat peningkatan hasil post-test serta tumbuhnya kepercayaan diri guru dalam penggunaan media digital. Selain itu, siswa menunjukkan antusiasme tinggi selama proses pembelajaran berlangsung. Kegiatan ini berdampak positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran berbasis teknologi di sekolah pedesaan, serta mendukung semangat Kurikulum Merdeka yang mendorong inovasi guru dalam mengembangkan pembelajaran kontekstual. Ke depannya, program ini diharapkan dapat diterapkan di sekolah-sekolah lain secara berkelanjutan.
References
Alfiandra, H. M., Marsen, A., & Rizki, M. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz sebagai Media Pembelajaran Digital. SOLMA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,12(3),456–463. (https://journal.uhamka.ac.id/index.php/solma/article/view/12299)
Adnyani, L. D. S., & Astuti, N. N. D. (2020). Penggunaan Quizizz dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Bahasa, 4(2), 120–130.
Azhari, M. A. R., & Mappajanci, M. (2022). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa melalui Media Pembelajaran Quizizz Kuis di Kelas X IPS 1 SMA Negeri 9 Pangkep. Jurnal Guru Pencerah Semesta , 1(2), 44–53. https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/gurupencerahsemesta/article/view/641)
Dayu, R., & Setyaningsih, E. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Quizizz untuk Guru SMP di Daerah Tertinggal. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa , 5(1), 22–30.(https://jurnalpengabdianmasyarakatbangsa.com/index.php/jpmba/article/view/1741)
Fajriani, S., & Wahyuni, D. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SMAN 14 Maros. Litera Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 2(2), 80–87. (https://journal.mediazayna.org/index.php/literaabdi/article/view/97)
Fakhruddin, M. (2022). Implementasi Aplikasi Quizizz dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Mataram. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran, 1(1), 15–25. (https://ejournal.baleliterasi.org/index.php/alinea/article/view/580)
Gusnita, G. (2022). Penerapan Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendas, 7(2), 145–152. (https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/8610)
Jong, M. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran , 10(2), 143–150. (https://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/article/view/7344)
Kurniawan, A. D., & Fatimah, S. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Kahoot! dan Quizizz sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Gamifikasi. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer , 3(1), 21–30. (https://itscience.org/jurnal/index.php/jpsk/article/view/1363)
Muzakki, F. A., & Mauluah, R. A. (2023). Penguatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan Media Pembelajaran Digital Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Pelatihan Pendidikan, 1(2), 34–42. (https://journal.potlot.id/index.php/jurnalpelatihanpendidikan/article/view/23)
Quizizz Inc. (2024). (https://quizizz.com/)
Susanti, D. (2021). Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 55–63.
Zamzami, A. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di TPQ Nurul Fath. Totalitas: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat,1(1),60–67. (https://journal.iaimutanjungpinang.ac.id/totalitas/article/view/127)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Diah Isnaeni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.