Modernisasi dan Toleransi Umat Beragama Dalam Penerapan Hukum Islam di Mentawai ( Studi Kasus Pulau Sipora Desa Sidomakmur)

Authors

  • Amri Effendi Amri UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Muhammad Danil danil STAIN Mandahiling Natal
  • Zainuddin Zainuddin UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Nur Aini Nur Aini UIN Mahmud Yunus Batusangkar

Keywords:

Modernisasi, Toleransi, Penerapan Hukum Islam

Abstract

Agama memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia, meskipun ada juga orang-orang yang kini tidak lagi menganut agama menjadi agama kepercayaannya. Penelitian ini mengkaji dampak modernisasi terhadap toleransi umat beragama di Kepulauan Mentawai. Modernisasi, yang ditandai dengan peningkatan akses terhadap teknologi, pendidikan, dan informasi, membawa perubahan signifikan dalam struktur sosial dan kepercayaan masyarakat. Studi ini bertujuan untuk memahami bagaimana proses modernisasi memengaruhi dinamika toleransi antar umat beragama, dan penerapan hukum Islam oleh penganut agama Islam di wilayah yang dikenal dengan keberagaman budaya dan agama seperti agama Islam, Kristen Protestan, dan Kristen Katolik tepatnya di Desa Sidomakmur Kecamatam Sipora Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam kepada masyarakat desa Sidomakmur dan observasi partisipatif yaitu melalui observasi langsung ke lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modernisasi berperan ganda: di satu sisi, membuka peluang dialog lintas agama melalui media sosial dan Pendidikan, budaya, dan hukum; di sisi lain, menimbulkan tantangan baru dalam mempertahankan nilai-nilai tradisional, hukum yang mendukung harmoni sosial. Temuan ini menggaris bawahi pentingnya kebijakan dalam penerapan hukum Islam bagi penganutnya dan pendidikan yang berfokus pada penguatan toleransi dalam konteks modernisasi di Mentawai. Hal inilah yang membuat masyarakat Desa Sidomakmur hidup aman dan tentram.

References

Amalia, T. D., & Indrakurniawan, M. (2024). Analisis Karakter Gotong Royong Siswa melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6(2), 248–258. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v6i2.6048

Asry, L. (n.d.). Modernisasi Dalam Perspektif Islam.

Bakar, A. (2015). Konsep Toleransi Dan Kebebasan Beragama.

Fikaanjana_16 & Faisol Hakim. (2024). Analisis Perubahan Sosial Dan Budaya Masyarakat Pegunungan Sebagai Dampak Dari Globalisasi. Madani?: Journal of Social Sciences and Social Science Education, 2(1), 60–74. https://doi.org/10.55210/xprkh245

Hasan, Z., Pradhana, R. F., Andika, A. P., & Al Jabbar, M. R. D. (2024). Pengaruh Globalisasi Terhadap Eksistensi Identitas Budaya Lokal dan Pancasila. JALAKOTEK: Journal of Accounting Law Communication and Technology, 1(2), 333–341. https://doi.org/10.57235/jalakotek.v1i2.2385

Hidayat, M. N. S. (2021a). DINAMIKA BERSAMA YANG BERBEDA Toleransi Komunitas Islam dan Kristen di Rokan Hilir. TOLERANSI: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama, 13(1), 42. https://doi.org/10.24014/trs.v13i1.13649

Hidayat, M. N. S. (2021b). DINAMIKA BERSAMA YANG BERBEDA Toleransi Komunitas Islam dan Kristen di Rokan Hilir. TOLERANSI: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama, 13(1), 42. https://doi.org/10.24014/trs.v13i1.13649

Ibnu Rusydi & Siti Zolehah. (2018). Makna Kerukunan Antar Umat Beragama Dalam Konteks Keislaman Dan Keindonesian. https://doi.org/10.5281/ZENODO.1161580

Iin Turyani, Erni Suharini, & Hamdan Tri Atmaja. (2024). Norma Dan Nilai Adat Istiadat Dalam Kehidupan Sehari-Hari Di Masyarakat. SOSIAL?: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPS, 2(2), 234–243. https://doi.org/10.62383/sosial.v2i2.224

Maesurah, S., & Klau, S. (2025). Toleransi dan Kearifan Lokal Suku Bugis di Perantauan: Studi Kasus di Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 25(1), 1063. https://doi.org/10.33087/jiubj.v25i1.5741

Marbun, S. (2023). Membangun Dunia Yang Berani: Menegakkan Keberagaman dan Kemajemukan di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1). https://doi.org/10.30742/juispol.v3i1.2897

Mokodenseho, S., & Wekke, I. S. (n.d.). Toleransi Beragama Dan Pembelajaran Agama Islam: Harmoni Masyarakat Minoritas Muslim Manado.

Novitasari, N., Dewi, D. A., & Purnamasari, Y. F. (2021). Peran Pendidikan untuk Menumbuhkan Sikap Toleransi antar Umat Beragama. 5.

Nurdiani, N. (2014). Teknik Sampling Snowball dalam Penelitian Lapangan. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 1110. https://doi.org/10.21512/comtech.v5i2.2427

Nurhaliza, S., & Siregar, I. S. (2020). Pendidikan Islam Multikultural di Pondok Pesantren Ulumul Qur’an Stabat Kab. Langkat. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 89–106. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.10

Prasetiawati, E. (2017). Urgensi Pendidikan Multikultur untuk Menumbuhkan Nilai Toleransi Agama di Indonesia. Tapis?: Jurnal Penelitian Ilmiah, 1(02), 272. https://doi.org/10.32332/tapis.v1i02.876

Pratama, T. A., & Harahap, N. S. (2024). pola implementasi moderasi beragama dalam konteks heterogenitas agama (analisis desa namo bintang di kecamatan pancur batu). Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama (JISA), 7(2), 105. https://doi.org/10.30829/jisa.v7i2.19509

Putra, A., Homsatun, A., Jamhari, J., Setiani, M., & Nurhidayah, N. (2021). Pemikiran Islam Wasathiyah Azyumardi Azra sebagai Jalan Moderasi Beragama. Jurnal Riset Agama, 1(3), 212–222. https://doi.org/10.15575/jra.v1i3.15224

Putri, M. C., Tsalits Khoirun Nisa, & Riska Aprey Vitasari. (2024). Membangun Harmonisasi di Tengah Masyarakat Majemuk: (Studi Kasus Toleransi Umat Islam dengan Budha di Kudus). Jurnal Studi Agama, 8(1), 77–85. https://doi.org/10.19109/jsa.v8i1.21838

Putri, P. W., Huda, M. T., Mujib, A., Sakinah, S., Humaidi, Z., Putri, A. S., & Muna, A. N. (2024). Potret Kampung Moderasi Beragama Kelurahan Pakelan, Kota Kediri. Al-Mabsut?: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 18(1), 137–153. https://doi.org/10.56997/almabsutjurnalstudiislamdansosial.v18i1.1531

Rahman, K. I. (2024). Moderasi Beragama sebagai Dasar Pendidikan Anak Bangsa untuk Menciptakan Kerukunan.

Samsudin, U. (2020). Pendidikan Demokrasi dalam Kurikulum Bermuatan Ideologi pada Institusi Pendidikan Islam. Eduprof?: Islamic Education Journal, 2(2), 261–277. https://doi.org/10.47453/eduprof.v2i2.37

Shaleh, A., & Hasbullah, H. (2021). Mengarifi Keberadaan Gereja Potret Toleransi pada Masyarakat Tapung Hulu Kampar. Toleransi: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama, 13(1), 25. https://doi.org/10.24014/trs.v13i1.13648

Sofinadya, D., & Warsono, W. (2022). Praktik Toleransi Kehidupan Beragama pada Masyarakat Etnis Tionghoa di Kota Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(1), 16–31. https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n1.p16-31

Sutopo, U. (2021). Toleransi Beragama (Toleransi Masyarakat Muslim dan Budha di Dusun Sodong Perspektif Islam). Al-Syakhsiyyah: Journal of Law & Family Studies, 3(2), 48–82. https://doi.org/10.21154/syakhsiyyah.v3i2.3395

Usman, U., & Azhari, D. S. (2023). Toleransi Kehidupan Beragama Menurut Hukum Islam. Journal on Education, 5(2), 1738–1745. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.812

Yulius, K. G. (2024). Upaya Penguatan Sumber Daya Manusia Pada Kegiatan Wisata di Kawasan Wisata Pesisir Katiet, Kabupaten Kepulauan Mentawai. Jurnal Hospitality Dan Pariwisata, 10(2). https://doi.org/10.30813/jhp.v10i2.6469

Yumnah, S. (2023). Relevansi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembentukan Karakter Santri Yang Moderat.

Downloads

Published

2023-04-08