Pelatihan Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik Oleh Guru SD IT Daarul Istiqlal

Authors

  • Anggi Nur Nisa Tanjung Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • yulia tiara universitas pembinaan masyarakat indonesia
  • Rini Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Siti Aminah Hasibuan Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59342/jpkm.v4i2.809

Keywords:

Pelatihan, LKPD, Guru SD

Abstract

PKM ini dilaksanan di SD IT Daarul Istiqlal Marendal 1, yang beralamat di Jl. Pantai Rambung, gg. Cakra II, No.9. Pasar III. Marendal 1. jumlah peserta dalam PKM Ini sebanyak 32 orang yang terdri dari Kepala Sekolah, Serta Guru SD IT Daarul Istiqlal. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan salah satu berkas wajib yang dibuat oleh guru, tetapi masih banyak guru yang belum paham dalam pembuatan LKPD. dalam pembelajaran guru belum mengunakan LKPD yang dirancang sendiri dengan benar. Sementara itu tuntutan kurikulum menhendaki guru hanya sebagai salah satu sumber belajar, karena guru berperan sebagai fasilitator. Oleh sebab itu, kebanyakan Guru SD IT Daarul Istiqlal belum menerapkan penggunaan LKPD. LKPD dapat dipergunakan untuk menanggulangi permasalahan seperti kurang efektifnya mengajar sehingga  mempengaruhi proses belajar untuk peserta didik.  Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan PkM ini yaitu dapat memberikan bantuan untuk guru dalam membuat serta menggunakan LKPD secara baik dan benar. Metode pada kegiatan ini adalah teknik penjelasan materi berdasarkan teori selanjutnya diberikan pelatihan untuk guru membuat LKPD. Hasil dari penyampaian materi tentang pembuatan dan penggunaan LKPD, diperoleh sebesar 90% guru telah paham proses dalam pembuatan LKPD. Pada tahap selanjutnya, yaitu presentasi dari hasil pelatihan oleh guru diperoleh sebesar 83% dari guru yang telah berhasil membuat LKPD mengikuti tahapan yang dilatihkan. Kegiatan PkM ini memberikan dampak positif kepada MIS Muhammadiyah 1 Kota Jambi, sehingga guru menjadi lebih kreatif dan paham untuk membuat berbagai jenis desain LKPD yang menarik.

References

Fadhilah, I. A. & Muanah, B. (2021). Manusia Sebagai Makluk yang Perlu dan Dididik. Cendekia. 15(2), 254-268.

Kosasih, E. (2021). Pengembangan bahan ajar. Bumi Aksara.

Nababan, A. E. N. B. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iv Sd Negeri 14 Rantau Utara Tahun Ajaran 2022/2023 (Doctoral Dissertation, Universitas Quality).

Putri, F. M., & Wisanti, W. (2023). Pedoman Penulisan Artikel E Journal Unesa Pengembangan LKPD Paku Berbasis Learning Cycle 5E untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Peserta Didik Kelas Kritis X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 12(2), 365-379.

Tressyalina, T., Noveria, E., Arief, E., Wulandari, E., & Ramadani, N. T. (2023). Analisis Kebutuhan E LKPD Interaktif Berbasis Kearifan Pembelajaran Lokal dalam Teks Eksposisi. Educaniora: Journal of Education and Humanities, 1(1), 23 31.

U. Nur and A. Rahmawati, “Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar di Mimpundungrejo Tahun Pelajaran 2019 / 2020,” vol. 1, no. 1, pp. 16–25, 2020.

Published

2025-04-26