Pelatihan penggunaan media alat musik pianika untuk meningkatkan semangat belajar anak PAUD Mutiara Hati

Authors

  • Haris Suwondo STIT AL BUKHARY

DOI:

https://doi.org/10.59342/jpkm.v4i2.808

Keywords:

pelatihan, pianika, semangat belajar

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar anak PAUD melalui pelatihan penggunaan media alat musik pianika. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan kepada guru PAUD dan anak-anak PAUD. Hasil pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa penggunaan media alat musik pianika dapat meningkatkan semangat belajar anak PAUD dan membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan. Guru PAUD juga dapat menggunakan pianika sebagai media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan motorik anak-anak.

Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan semangat belajar anak PAUD melalui penggunaan media alat musik pianika dan meningkatkan kemampuan guru PAUD dalam menggunakan media pembelajaran yang efektif

Metode yang digunakan dalam kegiatan  yaitu Pelatihan penggunaan media alat musik pianika kepada guru PAUD dan anak-anak PAUD dan Pendampingan kepada guru PAUD dalam menggunakan media alat musik pianika dalam proses belajar

Hasilyang diperoleh dari kegiatan ini  yaitu meningkatnya semangat belajar anak PAUD dan meningkatnya kemampuan guru PAUD dalam menggunakan media pembelajaran yang efektif

Manfaat dari kegiatan ini yaitu meningkatkan kualitas pendidikan PAUD, meningkatkan kemampuan kognitif dan motorik anak-anak PAUD dan membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan interaktif.

References

Gardner, H. (1983). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. New York: Basic Books.

Hetland, L., & Winner, E. (2001). The Relationship Between Music and Spatial-Temporal Skills in Preschool Children. Journal of Research in Music Education

Kemendikbud. (2013). Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Piaget, J. (1969). The Psychology of Intelligence. New York: Harcourt Brace.

Trainin, G., & Swanson, H. L. (2005). Cognition, Metacognition, and Achievement of College Students with Learning Disabilities. Learning Disability Quarterly

UNESCO. (2010). The Importance of Early Childhood Education. Paris: UNESCO.

Vygotsky, L. S. (1978). Interaction Between Learning and Development. Readings on the Development of Children. New York: Scientific American Books.

Published

2025-04-26