Peningkatan Pembelajaran Matematika Melalui Literasi Digital

Authors

  • yulia tiara universitas pembinaan masyarakat indonesia
  • Muhammad Razali Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Imanuddin Siregar Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Nurhalimah Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59342/jpkm.v4i2.807

Keywords:

embelajaran, Matematika, Literasi Digital

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan besar dalam dunia pendidikan, menjadikan literasi digital sebagai keterampilan yang penting. Literasi digital mencakup kemampuan mengoperasikan komputer untuk membaca, menulis, memahami, menggunakan, dan mengevaluasi informasi dari berbagai sumber digital. Literasi digital berperan penting dalam pembelajaran matematika dengan membantu siswa memahami konsep-konsep abstrak melalui visualisasi dan simulasi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada pendidik akan pentingnya literasi digital dalam peningkatan pembelajaran matematika, serta memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada pendidik mengenai aplikasi teknologi dalam pembelajaran matematika. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Besitang, yang dilaksanakan pada tanggal 14 Januari 2025. Kegiatan ini menyadarkan pendidik akan pentingnya peningkatan pembelajaran matematika melalui literasi digital. Pelaksanaan kegiatan berhasil membuka wawasan dan menambah ilmu pengetahuan pendidik untuk terus menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi yang ada dalam mengelola pembelajaran, sehingga dapat melahirkan generasi penerus yang produktif, sesuai dengan yang dibutuhkan pada zamannya.

 

Kata Kunci: Pembelajaran, Matematika, Literasi Digital

References

Artiyani, R. (2023). Literasi Digital Dalam Pembelajaran Matematika SMK. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 9.

Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Basicedu, 5(6), 5249–5257. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609

Fauzi, U. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Digital Siswa SMK. Ranah Researc

Indrawati, F., Hikmah, N., & Mailizar. (2021). Peningkatan Pembelajaran Matematika Melalui Literasi Digital. Jurnal PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(5), 478 485. http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i5.9291

Jayantika, I. N. (2022). Peran Teknologi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Literasi Digital Matematika. Indonesian Journal of Educational Development.

Kania, N. 2018. Alat Peraga untuk Memahami Konsep Pecahan. Theorems, 2 (2), 1-12.

Kusumawati, H., Wachidah, L. R., & Triana, D. (2022). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 3).

Lerner. 1988. Meningkatkan Efektivitas Mengajar. Jakarta: Pustaka Jaya

Muliawanti, S., & Kusuma, A. B. (2019). Literasi Digital Matematika Di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Sendika, 5(1), 317-324.

National Council of Supervisors of Mathematics (NCSM). 2015. Mathematics Education in the Digital Age. Irist Project: Focusing on Digital Mathematics Education.

Published

2025-04-26