Penyuluhan Bahasa Sebagai Alat Dakwah: Studi Komunikasi Penyiaran Islam Dalam Media Sosial

Authors

  • Arya Prandana Universitas Tjut Nyak Dhien
  • Lidra Agustina Tanjung Universitas Tjut Nyak Dhien
  • Adelia Ananda Universitas Tjut Nyak Dhien
  • Khairun Nisa Universitas Tjut Nyak Dhien
  • Liuviya Shinta Hariska Universitas Tjut Nyak Dhien
  • Abdullah Ihsan Universitas Tjut Nyak Dhien
  • Syahrizki Alhuda P.G Universitas Tjut Nyak Dhien
  • Ahmad Mustofa Universitas Tjut Nyak Dhien

DOI:

https://doi.org/10.59342/jpkm.v4i1.795

Keywords:

Dakwah Islam; Media Sosial; Komunikasi Persuasif; Globalisasi; Etika Dakwah

Abstract

Bahasa memiliki peran penting dalam menyampaikan pesan dakwah Islam, terutama di era globalisasi yang ditandai dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi. Penelitian ini mengeksplorasi komunikasi penyiaran Islam melalui media sosial sebagai alat dakwah yang efektif dalam menjangkau audiens lintas usia, budaya, dan wilayah. Dengan pendekatan literatur dan analisis kualitatif, penelitian ini mengidentifikasi peluang besar yang ditawarkan oleh media sosial, seperti aksesibilitas dan potensi kreatif dalam menyampaikan pesan Islam. Namun, penelitian ini juga menyoroti tantangan, seperti penyebaran informasi yang tidak akurat, radikalisme, dan westernisasi budaya. Hasil penelitian menunjukkan pentingnya strategi komunikasi persuasif yang adaptif, moderat, dan kreatif bagi pendakwah. Etika dakwah yang relevan dalam konteks digital juga menjadi landasan penting untuk menjaga nilai-nilai Islam dalam media sosial. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi dalam memperkuat dakwah Islam di era digital dan globalisasi.

References

Al-Qur’an. (2019). Al-Qur’an dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan 2019, Juz 11-20. Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an.

Hamid, E. S. (2018). Buku Materi Pokok Perekonomian Indonesia. Oleh Edgar H. Schein, 9(1), 1–54.

Machendrawaty, N. (2016). Strategi Komunikasi Dakwah Pada Era Digital. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, 1–23.

Maftukhah, A. (2021). Pengajian Kitab Ihya’ ‘Ulumuddin Sebagai Basis Pembinaan Akhlak Jamaah Masjid Jami’ Baitussalam Glempang, Pekuncen Kabupaten Banyumas.

Mubasyaroh. (2016). Dakwah dan Komunikasi (Studi Penggunaan Media Massa Dalam Dakwah). Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 4(1), 95–114.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Nadzario, A. P. (2019). Gaya Bahasa Dakwah Gus Miftah dalam Video YouTube. 103.

Nurfitria, S., & Arzam, A. (2022). Urgensi Media Sosial Sebagai Sarana Dakwah Melalui Media. An-Nida’, 46(1), 88. https://doi.org/10.24014/an-nida.v46i1.19245

Qurthubi, I. (2008). Tafsir Al Qurthubi Jilid 10. Ta’liq: Muhammad Ibrahim Al Hifnawi Tahrij: Muhammad Hamid Utsman, 10, 498.

Rachmi, R. M. (2024). Utilisasi Media Dan Komunikasi Visual Dalam Dakwah di Era 5.0.

Sangadji, F. A. P., Fitri, A. C. S., Sitanggang, D. A., Hidayat, R., & Ikaningtyas, M. (2024). Peran Media Sosial Tiktok Sebagai Platform untuk Pengembangan Bisnis di Era Digital. KARYA?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1–7.

Siregar, N. S. S. (2016). Hambatan Tentang Komunikasi Lintas Budaya. Perspektif, 1(2), 100–110.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN. (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 789-798. https://doi.org/10.62504/178peb28

Sunarto, PhD, A. (2017). Dampak Media Sosial Terhadap Paham Radikalisme. Nuansa?: Jurnal Studi Islam Dan Kemasyarakatan, 10(2), 126–132. https://doi.org/10.29300/nuansa.v10i2.647

Syakir, S. A. M. S., & Muhammad, S. M. (2007). Tafsir Ath-Thabari Terjemahan. Pustaka Azzam.

Downloads

Published

2024-10-19