Penyuluhan Bahasa Sebagai Alat Dakwah: Studi Komunikasi Penyiaran Islam Dalam Media Sosial
DOI:
https://doi.org/10.59342/jpkm.v4i1.795Keywords:
Dakwah Islam; Media Sosial; Komunikasi Persuasif; Globalisasi; Etika DakwahAbstract
Bahasa memiliki peran penting dalam menyampaikan pesan dakwah Islam, terutama di era globalisasi yang ditandai dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi. Penelitian ini mengeksplorasi komunikasi penyiaran Islam melalui media sosial sebagai alat dakwah yang efektif dalam menjangkau audiens lintas usia, budaya, dan wilayah. Dengan pendekatan literatur dan analisis kualitatif, penelitian ini mengidentifikasi peluang besar yang ditawarkan oleh media sosial, seperti aksesibilitas dan potensi kreatif dalam menyampaikan pesan Islam. Namun, penelitian ini juga menyoroti tantangan, seperti penyebaran informasi yang tidak akurat, radikalisme, dan westernisasi budaya. Hasil penelitian menunjukkan pentingnya strategi komunikasi persuasif yang adaptif, moderat, dan kreatif bagi pendakwah. Etika dakwah yang relevan dalam konteks digital juga menjadi landasan penting untuk menjaga nilai-nilai Islam dalam media sosial. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi dalam memperkuat dakwah Islam di era digital dan globalisasi.
References
Al-Qur’an. (2019). Al-Qur’an dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan 2019, Juz 11-20. Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an.
Hamid, E. S. (2018). Buku Materi Pokok Perekonomian Indonesia. Oleh Edgar H. Schein, 9(1), 1–54.
Machendrawaty, N. (2016). Strategi Komunikasi Dakwah Pada Era Digital. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, 1–23.
Maftukhah, A. (2021). Pengajian Kitab Ihya’ ‘Ulumuddin Sebagai Basis Pembinaan Akhlak Jamaah Masjid Jami’ Baitussalam Glempang, Pekuncen Kabupaten Banyumas.
Mubasyaroh. (2016). Dakwah dan Komunikasi (Studi Penggunaan Media Massa Dalam Dakwah). Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 4(1), 95–114.
Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949
Nadzario, A. P. (2019). Gaya Bahasa Dakwah Gus Miftah dalam Video YouTube. 103.
Nurfitria, S., & Arzam, A. (2022). Urgensi Media Sosial Sebagai Sarana Dakwah Melalui Media. An-Nida’, 46(1), 88. https://doi.org/10.24014/an-nida.v46i1.19245
Qurthubi, I. (2008). Tafsir Al Qurthubi Jilid 10. Ta’liq: Muhammad Ibrahim Al Hifnawi Tahrij: Muhammad Hamid Utsman, 10, 498.
Rachmi, R. M. (2024). Utilisasi Media Dan Komunikasi Visual Dalam Dakwah di Era 5.0.
Sangadji, F. A. P., Fitri, A. C. S., Sitanggang, D. A., Hidayat, R., & Ikaningtyas, M. (2024). Peran Media Sosial Tiktok Sebagai Platform untuk Pengembangan Bisnis di Era Digital. KARYA?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1–7.
Siregar, N. S. S. (2016). Hambatan Tentang Komunikasi Lintas Budaya. Perspektif, 1(2), 100–110.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN. (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 789-798. https://doi.org/10.62504/178peb28
Sunarto, PhD, A. (2017). Dampak Media Sosial Terhadap Paham Radikalisme. Nuansa?: Jurnal Studi Islam Dan Kemasyarakatan, 10(2), 126–132. https://doi.org/10.29300/nuansa.v10i2.647
Syakir, S. A. M. S., & Muhammad, S. M. (2007). Tafsir Ath-Thabari Terjemahan. Pustaka Azzam.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Arya Prandana, Lidra Agustina Tanjung, Adelia Ananda, Khairun Nisa, Liuviya Shinta Hariska, Abdullah Ihsan, Syahrizki Alhuda P.G, Ahmad Mustofa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.